Pahami Keutamaan dan Manfaat Menghafal Al-Quran untuk Dunia dan Akhirat - bukapangan

News & Literacy

Don’t miss our latest updates! Broaden your knowledge of zakat, infaq, sadakah, and waqf and get the latest news about bukapangan’s activities directly through our website.

Pahami Keutamaan dan Manfaat Menghafal Al-Quran untuk Dunia dan Akhirat

Keutamaan dan manfaat menghafal al quran

Al Quran dalam Agama Islam merupakan kitab suci yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril secara berangsur-angsur

Al Quran juga menjadi salah satu pedoman dan petunjuk bagi umat manusia dalam menjalankan hidup di dunia. Oleh karena itu, wajib bagi umat Islam untuk mempelajari, memahami dan mengamalkannya. 

Banyak umat islam yang berbondong untuk menghafalkannya karena memiliki banyak manfaat yang didapat baik itu di dunia maupun di akhirat. berikut beberapa keutamaan yang didapat dalam menghafal al quran.

Keutamaan dan Manfaat dalam Menghafal Al Quran

Menurut Imam Nawawi pada kitabnya At-Tibyan fi Adabi Hamalati al-Quran, ada beberapa keutamaan dalam menghafal al-quran sebagai berikut:

1. Memberi Syafaat bagi Penghafalnya pada Hari Kiamat

Salah satu manfaat mempelajari dan menghafal al quran akan mendapatkan syafaat dan pertolongan Allah SWT di hari kiamat. Dalam sebuah hadist Abu Umamah al-Bahili, Rasulullah SAW bersabda:

“Bacalah al-quran maka sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat kepada pemiliknya (pembacanya)” (HR. Muslim)

2. Dijanjikan Derajat yang Tinggi oleh Allah SWT

Penghafal Al Quran dijanjikan oleh Allah SWT mendapatkan derajat yang tinggi, pahala yang besar karena telah membaca dan menghafalnya, serta mendapatkan penghormatan diantara sesama umat manusia di dunia.

3. Menjadi Pelindung dari Siksa Kubur dan Api Neraka

Al Quran akan menjadi penolong  dengan menerangi kubur dan mendampingi bagi yang membaca, mempelajarinya dari siksa kubur dan siksa api neraka sampai ia masuk ke dalam surga. 

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Abdul Malik bin Habib-Syarah Ihya, Rasulullah SAW bersabda:

“Tiada penolong yang lebih utama derajatnya di sisi Allah pada hari kiamat daripada Al Quran. Bukan Nabi, bukan malaikat, bahkan bukan pula yang lainnya.”

4. Membahagiakan Orang Tua

Beruntung bagi orang tua yang memiliki seorang anak yang berniat untuk menjadi penghafal al quran, karena ia akan memberikan mahkota kepada kedua orang tuanya, dari Buraidah RA, Rasulullah SAW bersabda: 

“Siapa yang menghafalkan al quran, mengkajinya, dan mengamalkannya maka Allah akan memberikan mahkota bagi kedua orang tuanya dari cahaya yang terangnya seperti matahari. Dan kedua orang tuanya akan diberi dua pakain yang tidak bisa dinilai dengan dunia. Kemudian kedua orang tuanya bertanya, “Mengapa saya sampai diberi pakaian semacam ini?” Lalu disampaikan kepadanya, “Disebabkan anakmu telah mengamalkan al Quran.” (HR. Hakim)”

dengan mendengar hadist tersebut ada baiknya kita dari sekarang dapat memanfaatkan peluang itu agar menjadi manusia yang beruntung di dunia dan akhirat.

Baca Juga: Ini dia Cara Cepat Menghafal Al Quran agar Tidak Mudah Lupa

5. Mendapatkan Pahala yang Banyak

Penghafal Al Quran berpotensi mendapatkan banyak pahala dikarenakan sering membaca (takrir). dan mengkajinya. Dalam sebuah hadist Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa membaca satu huruf dari Al Quran, maka akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dibalas pahala 10x lipat seumpamanya. Ingat, aku tidak bilang: Aliflammim itu satu huruf, melainkan Alif satu huruf, Lam satu huruf, dan Mim satu huruf.” (HR Hakim).

bisa dibayangkan bukan, dengan menghafal Al Quran kita akan diberikan banyak sekali kebaikan salah satunya pahala yang berlimpah. Gimana dengan orang yang sedang berusaha menghafalkan dan murojaah? Insya Allah pahala deras mengalir.

6. Menjadi Keluarga Allah SWT

manfaat lainnya sebagai Penghafal Al Quran ialah akan dimenjadi bagian keluarga Allah di dunia. sebagaimana di riwayatkan melalui hadist dari Anas bin Malik bahwa Rasulullah SAW bersabda berikut:

“Sesungguhnya, Allah itu mempunyai keluarga daripada manusia. Ada yang bertanya, ‘Siapa mereka itu wahai Rasulullah?’ dijawab ‘Ahli Al Quran itulah keluarga Allah SWT dan orang-orang khususnya.” (HR. Imam Ahmad)

7. Kedudukannya Hampir Sama dengan Nabi lainnya

Penghafal Al Quran memiliki kedudukan hampir sama dengan Nabi. Pada suatu kesempatan Rasulullah SAW pernah bersabda mengenai hal tersebut melalui hadist sebagai berikut:

“Barangsiapa yang membaca (hafal) Al Quran, maka ia telah mendapat derajat kenabian (yang dicapkan) diantara kedua lambungnya, hanya saja ia tidak diberikan wahyu.” (HR. Thabrani)

ini salah satu hal yang dijanjikan oleh Allah bagi pengahfal Al Quran, menarik bukan?

Demikian beberapa keutamaan dan manfaat bagi orang-orang yang mempelajari, memahami, menghafalkan dan menerapkan al quran dalam kehidupan sehari-hari. 

setelah mengetahui manfaat yang didapat bagi penghafal al quran, kamu makin tertarik bukan untuk menghafalkannya? 

 

Sumber:

Wiwi Alawiyah Wahid, “Panduan Menghafal al Quran Super Kilat”

Zakaria Firdaus dan, Achmad Hadi Wiyono, “Pengaruh Menghafal al Quran terhadap Pembentukan Akhlak Siswa”

Bagikan Artikel Ini di :
Picture of Irvan Nahrowi

Irvan Nahrowi

Digital Marketing Specialist

Other Literations

4 Metode Cara Cepat Menghafal…

Lebih Lanjut

Pahami Keutamaan dan Manfaat Menghafal…

Lebih Lanjut

LAZNAS DPF Memberi Penguatan 30…

Lebih Lanjut

Yayasan Wakaf Djalaluddin Pane menjadi…

Lebih Lanjut

Mudahkan Ibadah Para Nelayan Jaring…

Lebih Lanjut

LAZNAS DPF dan Kantor Kementerian…

Lebih Lanjut

Memperkuat Merdeka Belajar Djalaluddin Pane…

Lebih Lanjut

Subscribe Our Newsletter