Kisah Saunggalih: Merdeka dan Bertumbuh di Balik Bukit Sampah - bukapangan

News & Literacy

Don’t miss our latest updates! Broaden your knowledge of zakat, infaq, sadakah, and waqf and get the latest news about bukapangan’s activities directly through our website.

Kisah Saunggalih: Merdeka dan Bertumbuh di Balik Bukit Sampah

kisah-saung-galih-merdeka-dan-tumbuh-diatas-sampah

Tidak ada satupun dalam kehidupan yang layak untuk direndahkan. Sampah, sekalipun ia dari sisa-sisa ternyata telah menopang kehidupan banyak orang, salah satunya Kang Saunggaling.

Kang Saung, seorang yang aslinya dari Muar Gembong ini, sejak usia dua tahun sudah ikut orang tuanya ke Bantar Gebang. “Dari kecil saya sudah di sampah Bang”, katanya.

Seperti penuturan Kang Saung, Orang-orang di sini yang penting mau usaha aja. Insya Allah pasti hidup. Meskipun hanya mengais Rp.30.000 – Rp. 70.000, semua pengulung di sini merasa hidupnya terjamin.

Dengan begitu mudahnya mendapatkan uang. Orang tua di sini melihat bahwa pendidikan bukan hal penting. Makanya beberapa anak lebih memilih pergi mulung daripada pergi ke sekolah.

Keprihatinan yang mendalam ini membuat Kang Saung mendirikan sebuah rumah belajar. Ia beri nama Yayasan Nur Jadid.

Kang Saung punya visi besar hidup yang ia peruntukkan untuk anak-anak bantargebang. Katanya, dia tidak mau anak-anak Bantargebang menjadi bodoh. Saat ini ia terus mengedukasi anak-anak di sana untuk bersekolah.

Menyediakan waktunya untuk mengajar agama anak-anak di sana. Sekali lagi, tantangannya memang adalah kemudahan untuk mendapatkan uang. Hanya saja yang didapatkan sehari-hari belum bisa membawa keluarga-keluarga di Bantargebang meninggikan kesejahteraannya.

Obrolan lebih panjang bisa disaksikan dalam Podcast Everywhere LAZNAS DPF bersama Kang Saunggalih di kanal youtube bukapangan. Mari saksiksan  temukan inspirasi dari perjalanan hidup seorang Kang Saung.

 

Bagikan Artikel Ini di :
Picture of Irvan Nahrowi

Irvan Nahrowi

Digital Marketing Specialist

Other Literations

4 Metode Cara Cepat Menghafal…

Lebih Lanjut

Pahami Keutamaan dan Manfaat Menghafal…

Lebih Lanjut

LAZNAS DPF Memberi Penguatan 30…

Lebih Lanjut

Yayasan Wakaf Djalaluddin Pane menjadi…

Lebih Lanjut

Mudahkan Ibadah Para Nelayan Jaring…

Lebih Lanjut

LAZNAS DPF dan Kantor Kementerian…

Lebih Lanjut

Memperkuat Merdeka Belajar Djalaluddin Pane…

Lebih Lanjut

Subscribe Our Newsletter