LAZNAS DPF Memberi Penguatan 30 Penggerak Zakat di Kec. Torgamba, Kab. Labuhanbatu Selatan - bukapangan

News & Literacy

Don’t miss our latest updates! Broaden your knowledge of zakat, infaq, sadakah, and waqf and get the latest news about bukapangan’s activities directly through our website.

LAZNAS DPF Memberi Penguatan 30 Penggerak Zakat di Kec. Torgamba, Kab. Labuhanbatu Selatan

LAZNAS DPF di tahun ketiganya menerima amanah untuk menyalurkan Zakat Perusahaan PT Herfinta F&P, mulai melakukan upaya nyata agar penyaluran zakat yang masih kental dengan karitatif menjadi penyaluran yang produktif. Hal ini dimulai dengan melakukan penguatan 30 Penggerak Zakat yang selama ini terlibat dalam penyaluran zakat tersebut.  

DPF memberi penguatan dalam dua bidang, pertama  pengembangan program dan  kedua aktivitas penghimpunan zakat yang professional. Kegiatan dilaksanakan di Training Center Herfinta Grup pada hari Jumat, 20 Oktober 2023. 

Dalam paparan materinya, Ardian Ramadani Pulungan selaku Sekretaris Yayasan Wakaf Djalaluddin Pane menyampaikan tentang tujuan besar bagaimana kebermanfaatan maksimal yang bisa dicapai. 

“Lewat pengembangan program yang baik, manfaat zakat yang tiap tahunnya dibagikan tidak hanya sekadar habis saat dibagikan, tiga puluh penggerak ini punya peran penting dalam mewujudkan itu semua. Karena itu menitipkan gagasan besar ini ke mereka, untuk setidaknya bisa dimulai bersama” Ujar Ardian. 

Pada kesempatan yang sama, Yosiva Lufi selaku Program Manager LAZNAS DPF Sumatera juga menjelaskan bagaimana memulai pengembangan program yang baik. Yosiva menekankan setidaknya, semua perlu diawali dengan melakukan asesmen kepada mustahik dan asesmen di tingkat Desa.

“Membangun program yang baik, dimulai dengan mengidentifikasi Mustahik terlebih dahulu. Kita harus mampu memotret kondisi mustahik yang ada sehingga nanti sudah siap untuk menyusun program terbaik jangka panjang yang manfaatnya bisa berkelanjutan dan meluas.” Ucap Siva. 

Bapak KH Wahfiudin Sakam menyampaikan Materi ISF

Penguatan ini diakhiri dengan mendengar arahan serta bimbingan dari Dewan Pengawas Syariah LAZNAS DPF KH Wahfiudin yang juga Wakil Ketua MUI Pusat Komisi Pendidikan dan Kaderisasi. 

Dalam arahannya Kiai Wahfi menjelaskan secara mendalam bagaimana Zakat yang merupakan salah satu instrumen dari Islamic Social Finance. ISF ini kedepan menjadi satu-satunya skema keuangan yang mampu menyelamatkan dari situasi krisis yang mulai menunjukan tanda-tanda arah ke sana. 

“Karena itu, orang-orang yang bergiat di dalam ISF ini orang-orang yang mau belajar dan siap menempah dirinya menjadi sosok-sosok professional. Penguatan ini baru langkah kecil saja, kita harus benar-benar punya tekad yang besar dalam ikhtiar membangun umat dan “ agama.” Ujar Kiai Wahfi. 

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala KUA Kecamatan Torgamba, serta Ketua MUI Kecamatan Torgamba bersama jajarannya. Kehadiran mereka menjadi penguat karena akhirnya pengelolaan zakat juga harus punya sinergi kepada pemilik kebijakan agar bisa kerja bersama meluaskan kebermanfaatan.

Bagikan Artikel Ini di :
Picture of Irvan Nahrowi

Irvan Nahrowi

Digital Marketing Specialist

Other Literations

4 Metode Cara Cepat Menghafal…

Lebih Lanjut

Pahami Keutamaan dan Manfaat Menghafal…

Lebih Lanjut

LAZNAS DPF Memberi Penguatan 30…

Lebih Lanjut

Yayasan Wakaf Djalaluddin Pane menjadi…

Lebih Lanjut

Mudahkan Ibadah Para Nelayan Jaring…

Lebih Lanjut

LAZNAS DPF dan Kantor Kementerian…

Lebih Lanjut

Memperkuat Merdeka Belajar Djalaluddin Pane…

Lebih Lanjut

Subscribe Our Newsletter