Press Release Program Lumbung Swadaya Desa di Purwokerto - bukapangan

News & Literacy

Don’t miss our latest updates! Broaden your knowledge of zakat, infaq, sadakah, and waqf and get the latest news about bukapangan’s activities directly through our website.

Press Release Program Lumbung Swadaya Desa di Purwokerto

Bukapangan DPF meluncurkan Program Lumbung Swadaya Desa untuk Provinsi Jawa Tengah di Purwokerto Kamis, 8 Desember 2022. Dalam implementasinya program ini mendampingi petani di Purwokerto dengan luasan lahan 3000 meter persegi untuk melaksanakan proses pertanian tanpa pestisida, urea dan NPK.

Mirah Hartika selaku Presiden Direktur bukapangan DPF menjelaskan Lumbung Swadaya Desa merupakan salah satu program pemberdayaan komunitas petani yang dinisiasi oleh bukapangan. LSD bukapangan DPF ini diharapkan akan menjadi program ikonik yang akan mendorong keberdayaan petani-petani miskin di Indonesia. Petani yang kini menghadapi persoalan kompleks dari hulu dan hilir. LSD bukapangan DPF akan banyak berfokus di hulu yaitu pada akses permodalan dan budidaya. Terlebih praktek riba dalam pertanian saat ini masih sulit untuk bisa dihindari oleh banyak petani.

Muhammad Irfan selaku penanggung jawab program LSD bukapangan DPF menambahkan bahwa program ini akan dilaksanakan selama 5 masa tanam. Dalam program pemberdayaan ini petani akan didampingi untuk dapat memperoleh pengetahuan budidaya pertanian sehat dan juga keuangan. Komitmen bukapangan DPF dalam membangun petani yang berdaya dan meberdayakan tidak ingin setengah-setengah. Nantinya kita ingin mengaktivasi sekolah lapang sebagai ruang berkembang petani-petani di daerah.

Junia selaku perwakilan petani di Purwokerto menyebutkan bahwa dengan adanya program LSD bukapangan DPF ini, biaya produksi pertanian semakin berkurang. Karena biaya pupuk, npk dan pestisida tidak lagi dibutuhkan, sudah diganti dengan pupuk cair organik. Kami merasa senang sekali dengan kebersediaan bukapangan DPF mendampingi kami di sini.

Program LSD bukapangan DPF  ini termasuk program pemberdayaan yang dibiayai melalui dana zakat dan bukapangan memastikan bahwa penerima manfaat adalah petani mustahik.

Bagikan Artikel Ini di :
Picture of Irvan Nahrowi

Irvan Nahrowi

Digital Marketing Specialist

Other Literations

4 Metode Cara Cepat Menghafal…

Lebih Lanjut

Pahami Keutamaan dan Manfaat Menghafal…

Lebih Lanjut

LAZNAS DPF Memberi Penguatan 30…

Lebih Lanjut

Yayasan Wakaf Djalaluddin Pane menjadi…

Lebih Lanjut

Mudahkan Ibadah Para Nelayan Jaring…

Lebih Lanjut

LAZNAS DPF dan Kantor Kementerian…

Lebih Lanjut

Memperkuat Merdeka Belajar Djalaluddin Pane…

Lebih Lanjut

Subscribe Our Newsletter