Zakat Fitri & Fidyah - bukapangan

Zakat Fitri & Fidyah

Momentum bulan suci Ramadhan merupakan kesempatan meraup pahala berlipat ganda yang hanya datang setahun sekali. Sempurnakan pahala puasa pada bulan Ramadhan dengan zakat fitri dan tebus hari-hari puasa yang terlewatkan dengan fidyah. Raih nikmat kemenangan di hari raya bersama bukapangan.

Bulan suci Ramadhan merupakan salah satu waktu yang sangat dinantikan para umat muslim setiap tahunnya. Pada bulan tersebut, umat muslim tidak hanya diwajibkan menjalankan ibadah puasa namun juga menunaikan zakat fitri bagi yang mampu dan juga fidyah bagi yang tidak mampu menunaikan ibadah puasa.

Zakat Fitri adalah sejumlah harta yang wajib dikeluarkan seorang muslim yang mampu menjelang akhir bulan Ramadhan atau sebelum dilaksanakannya salat Idul Fitri, di mana harta tersebut akan disalurkan kepada yang berhak menerimanya, sebagaimana diperintahkan oleh Rasulullah SAW melalui salah satu hadisnya:

عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا:

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَمَرَ بِزَكَاةِ الْفِطْرِ قَبْلَ خُرُوجِ النَّاسِ إِلَى الصَّلاَةِ

Artinya: “Dari Ibn Umar radhiyallahu ‘anhu: Bahwa Nabi ﷺ memerintahkan (untuk menunaikan) zakat fitrah sebelum orang-orang keluar untuk shalat (Idul Fitri).” (HR. Bukhari dan Muslim: 1413).

(Referensi: https://risalahmuslim.id/zakat-fitrah/)

Zakat Fitri yang dibayarkan setiap muslim adalah sebanyak satu sha’ atau di Indonesia setara dengan 2.5 kg makanan pokok seperti beras, gandum, kurma, sagu dan sebagainya, tapi bisa dibayar dalam bentuk uang tunai juga.

Sedangkan, fidyah adalah sejumlah harta yang wajib dibayarkan sebagai pengganti atau penebus oleh beberapa golongan orang yang diperbolehkan tidak berpuasa dan tidak harus menggantinya di lain waktu karena tidak mampu menjalankannya. Kriteria dari golongan tersebut telah ditentukan pada QS. Al-Baqarah Ayat 184 sebagai berikut:

  1. Orang berusia lanjut yang tidak memungkinkan untuk berpuasa;
  2. Orang sakit yang tidak ada harapan untuk sembuh;
  3. Ibu hamil atau menyusui yang mengkhawatirkan bayinya.

Besaran fidyah adalah 1 mud atau setara dengan 1 porsi makanan standar untuk 1 hari tidak berpuasa. Sebagai contoh, jika seorang ibu hamil atau menyusui yang mengkhawatirkan bayinya tidak berpuasa selama 30 hari penuh, maka zakat yang harus dibayarkan adalah sebanyak 30 mud atau setara dengan 30 porsi makanan standar. fidyah dapat diberikan dalam bentuk makanan, bahan pokok mentah, atau uang tunai. Layaknya zakat fitri, fidyah juga akan disalurkan kepada yang membutuhkan sesuai dengan aturan 8 asnaf (golongan orang yang berhak menerima zakat).

Zakat Fitri & Fidyah

bukapangan dengan senang hati membantu para muzaki menunaikan zakat fitri maupun fidyah dan menyalurkannya kepada golongan orang yang tepat. Tersedia kalkulator zakat pada website kami untuk membantu umat menentukan besaran zakat yang harus dibayarkan.

Tunaikan ibadah zakat pada bulan suci dengan segera, untuk pahala yang membantu umat menjemput surga bersama bukapangan.

Kalkulator Zakat Fitri & Fidyah






Niat Zakat Fitri

نويت ان اجرج زكاة الفطر عن نفسي فرضا لله تعالا

“Nawaitu an ukhrija zakaatal fitri ‘an nafsii fadhan lillahi ta’aala”

Saya niat mengeluarkan zakat fitrah dari diriku sendiri fardu karena Allah Ta’ala

Niat Fidyah

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ هَذِهِ الْفِدْيَةَ عَنِ افْطَارِ صَوْمِ رَمَضَانَ فَرْضًا لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu an ukhrija hadzihil fidyata ‘anifthari shaumi Ramadhana lilkhaufi ‘ala waladi fardhan lillahi Ta’ala

(Untuk Orang Sakit)

وَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ هَذِهِ الْفِدْيَةَ عَنِ افْطَارِصَوْمِ رَمَضَانَ لِلْخَوْفِ عَلَى وَلَدِيْ فَرْضًا لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu an ukhrija hadzihil fidyata ‘anifthaari shaumi Ramadhana fardhan lillahi Ta’ala

(Untuk Wanita Hamil/Menyusui)

This is Content Box

Sub Title for Content Box Number 01

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco sedoa laboris nisi ut aliquip ex easumi commodo. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco sedoa laboris nisi ut aliquip ex easumi commodo consequat. Duis aute irure dolor in reprehenderit in votem.

Sub Title for Content Box Number 02

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco sedoa laboris nisi ut aliquip ex easumi commodo. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco sedoa laboris nisi ut aliquip ex easumi commodo consequat. Duis aute irure dolor in reprehenderit in votem.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco sedoa laboris nisi ut aliquip ex easumi commodo. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco sedoa laboris nisi ut aliquip ex easumi commodo consequat. Duis aute irure dolor in reprehenderit in votem.Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco sedoa laboris nisi ut aliquip ex easumi commodo. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco sedoa laboris nisi ut aliquip ex easumi commodo consequat. Duis aute irure dolor in reprehenderit in votem.